Cara Mengatasi Bau Tak Sedap di Area Vagina – Jika Anda mengalami bau tidak sedap di sana, mungkin ada banyak alasan dan pilihan perawatan berbeda untuk Anda. Kami telah mengumpulkan sembilan jenis bau amis vagina dan beberapa opsi perawatan umum yang tersedia. Pelajari mereka di artikel.


Bau Tak Sedap

Menurut informasi terbaru. Seorang wanita mengenakan kemeja bergaris berdiri dengan tangan di dekat dahi dan berpikir Apa yang menyebabkan bau vagina amis? Pertanyaan pertama yang Anda miliki adalah apa yang menyebabkan bau amis? Ada sekitar sembilan penyebab paling umum dari bau amis vagina dan cara mengatasi bau tak sedap, masing-masing dengan gejala dan pilihan pengobatan yang unik.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin dapat menyelesaikan masalah sendiri dengan pengobatan rumahan dan dalam kasus lain, Anda mungkin memerlukan perawatan medis. Berikut adalah sembilan kemungkinan penyebab memiliki bau amis di vagina Anda :

Apa Saja Penyebab Bau Tak Sedap?

  • Vaginosis bakteri

Vaginosis bakteri adalah salah satu penyebab paling umum dari bau vagina yang amis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa (BV) meningkatkan risiko pecahnya membran prematur (PPROM) prematur, kelahiran prematur, dan infeksi nifas, (seperti korioamnionitis dan endometritis).

Wanita usia subur biasanya mengalami BV setelah melakukan hubungan seksual, meskipun itu bukan infeksi menular seksual. BV disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri pada flora vagina (paling sering adalah bakteri Gardnerella vaginalis dan Bacteroides).

Jika Anda memiliki vaginosis bakteri, kemungkinan besar Anda akan merasakan bau amis setelah berhubungan seks. Gejala juga termasuk gatal dan keputihan tipis, putih dan tidak ada peradangan. Walaupun BV relatif umum, BV harus diobati sesegera mungkin karena dapat meningkatkan risiko wanita terkena infeksi genital lain.

Dan bahkan penyakit menular seksual (PMS). Dokter Anda akan meresepkan antibiotik (Metronidazole) untuk membersihkan infeksi dan mungkin juga menyarankan solusi topikal untuk mengurangi gejala yang tidak nyaman.

  • Trikomoniasis atau IMS lainnya

Penyebab paling umum kedua dari bau amis vagina adalah penyakit menular seksual seperti Trichomoniasis atau Trichomonas vaginitis. Menurut Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit, trikomoniasis cukup umum dan mempengaruhi 3,7 juta orang di Amerika Serikat.

Trikomoniasis, juga dikenal sebagai “trich,” tidak disebabkan oleh bakteri vagina. Sebaliknya, itu adalah penyakit parasit yang ditularkan antara dua orang selama hubungan seksual. Baik pria maupun wanita dapat memiliki trich dan dapat menderita gejala yang sama seperti gatal di atau sekitar alat kelamin dan buang air kecil yang menyakitkan.

Namun, hanya wanita yang mengalami bau seperti ikan yang tidak menyenangkan di sana. Seperti halnya semua PMS, satu-satunya cara untuk menyaring, mendiagnosis, dan mengobati trikomoniasis adalah dengan mengunjungi dokter Anda. Hanya 30% orang dengan trich yang menunjukkan gejala apa pun.

Oleh karena itu penting untuk mendapatkan pemeriksaan PMS rutin dari dokter atau ginekolog jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan pasangan yang berbeda. Gejala-gejalanya meliputi: buih, kuning-hijau berbau busuk (mungkin amis) keluar dengan peradangan (” strawberry serviks ”).

Jika tidak diobati, trikomoniasis dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius seperti penyakit radang panggul, atau kelahiran prematur jika Anda memilikinya saat hamil.

Apa Saja Penyakit yang ditimbulkan dari Bau Tak Sedap?

  • Penyakit radang panggul

Alasan lain mengapa Anda mungkin memiliki bau vagina yang mencurigakan adalah jika Anda menderita penyakit radang panggul (PID). Diperkirakan 750.000 hingga 1 juta kasus terjadi setiap tahun di Amerika Serikat.

PID adalah infeksi pada panggul Anda yang terjadi ketika infeksi vagina menyebar ke atas ke organ reproduksi seperti rahim, saluran tuba, atau ovarium. PID sangat terkait dengan infertilitas. 1 episode PID sama dengan sekitar 12% infertilitas, 2 episode sekitar 20%, 3 atau lebih episode sekitar 40% kemungkinan infertilitas.

PID dikaitkan dengan kehamilan ektopik, risiko kehamilan ektopik meningkat 7 hingga 10 kali lipat.Jika Anda memiliki penyakit radang panggul, Anda mungkin melihat bau amis saat berhubungan seks dan bahkan pendarahan saat atau setelah berhubungan seks.

Buat janji untuk bertemu dokter jika Anda menunjukkan gejala apa pun atau jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom dan tidak dalam hubungan seks aman monogami.

  • Infeksi ragi

Penyebab umum lain bau amis vagina adalah infeksi jamur. Infeksi ragi, juga dikenal sebagai kandidiasis, biasanya juga muncul sebagai keputihan putih, tebal, dan gumpal yang biasanya disebabkan oleh Candida albicans (80-90% kasus). Keputihan dari infeksi ragi juga dapat memiliki aroma seperti roti.

Infeksi ragi juga dapat menyebabkan gatal dan membuat buang air kecil terasa sakit atau tidak nyaman serta rasa sakit saat berhubungan seks. Biasanya, infeksi jamur memerlukan pengobatan dengan obat antijamur khusus (azol), yang biasanya akan menghilangkan gejala dalam seminggu.

Dalam beberapa kasus, infeksi jamur ringan dapat diobati dengan obat bebas. Itu selalu terbaik untuk berbicara dengan dokter Anda jika Anda berpikir Anda memiliki infeksi jamur karena mereka dapat melakukan tes noda untuk mengidentifikasi jenis jamur tertentu dalam situasi Anda.

  • Keringat berlebihan

Apakah Anda cenderung berkeringat, di sana? Berkeringat adalah cara alami tubuh untuk pendinginan jika terlalu panas. Hampir semua orang berkeringat ketika mereka melakukan kegiatan yang giat dan beberapa orang berkeringat sebagai respons terhadap stres atau kecemasan.

Wanita yang berkeringat berlebihan di daerah sekitar panggul mereka mungkin mulai mengalami bau amis vagina. Ada banyak cara untuk mengatasi keringat berlebih, termasuk meningkatkan kebersihan Anda secara keseluruhan dan mengenakan kain alami dan pakaian berlapis-lapis.

Kasus-kasus ekstrem dari bau amis yang persisten yang terkait langsung dengan keringat bisa menjadi tanda-tanda suatu kondisi yang disebut trimethylaminuria. Bicaralah dengan dokter Anda jika upaya pribadi Anda untuk mengurangi keringat berlebih tidak meningkatkan gejala Anda.

Diet Anda dapat memengaruhi bau vagina Anda
Bau vagina wanita yang sehat biasanya merupakan hasil dari keseimbangan pH alami vagina. Inilah sebabnya mengapa pengaruh eksternal tertentu, seperti diet wanita atau bahkan sperma pria di vagina, dapat memengaruhi bau vagina.

Makanan memiliki tingkat keasaman yang berbeda yang bereaksi dengan mikroflora vagina. Makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau vagina yang tidak sedap meliputi :

  • rempah-rempah yang kuat
  • makanan asap
  • bawang merah atau bawang putih
  • brokoli atau asparagus
  • minuman seperti kopi atau alkohol

Mengkonsumsi Apa yang Dapat Mengurangi Bau Tak Sedap?

Buah jeruk, di sisi lain, dapat meningkatkan bau dan bahkan rasa dari vagina wanita. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet vegetarian dapat meningkatkan bau vagina dengan membuatnya lebih ringan dan lebih menyenangkan.

Keputihan dan bau Anda banyak bicara tentang kesehatan Anda.Lacak gejala Anda setiap hari dengan Flo dan kendalikan kesejahteraan Anda.
Wanita menekan botol pompa plastik putih murni. Kebersihan tidak memadai.

Dalam beberapa kasus, bau vagina yang tidak menyenangkan mungkin hanya akibat dari kebersihan yang tidak tepat. Jika Anda memiliki bau amis tanpa kotoran atau bau amis tanpa kotoran dan tanpa rasa gatal, Anda mungkin dapat mengatasi masalah tersebut dengan meningkatkan kebersihan Anda.

Baca juga : Cara Mudah Mengatasi Penuaan Dini

Siklus menstruasi
Beberapa wanita mengalami perubahan bau vagina sebelum haid, yang berhubungan dengan tingkat bakteri dan keasaman dalam vagina pada waktu yang berbeda dalam siklus menstruasi mereka.

Saat Anda sedang haid, darah (dengan pH tinggi) dan lapisan uterus bercampur dengan mikroflora di dinding vagina, yang secara halus dapat memengaruhi bau. Demikianlah artikel tentang cara mengatasi bau tak sedap di area vagina semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Bau Tak Sedap di Area Vagina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *