Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya – Kaki dapat membawa seseorang dari titik A ke titik B, tetapi mereka mengalami rasa sakit, nyeri, dan bau di sepanjang jalan. Sementara kebanyakan orang akan mengalami kasus bau kaki dari waktu ke waktu, beberapa orang hidup dalam ketakutan melepas sepatu mereka. Istilah medis untuk kaki bau adalah bromodosis.


Bau Kaki

Menurut berita terbaru kabar baiknya adalah bahwa ada banyak perawatan yang tersedia untuk mengurangi timbulnya kondisi tersebut. Tips ini dapat membantu mengurangi bau kaki Anda. Kuncinya adalah memastikan Anda mengikuti mereka secara teratur dan hati-hati.

  • Jaga kaki Anda bersih dan rapi
  • Gunakan sabun lembut dan sikat gosok untuk mencuci kaki setidaknya sekali sehari. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah selama mandi pagi atau sore hari. Sangat penting untuk mengeringkan kaki sepenuhnya setelah dicuci. Berikan perhatian khusus di antara jari-jari kaki Anda, di mana setiap basah dapat dengan mudah menyebabkan bakteri tumbuh.
  • Jepit kuku kaki Anda sesering mungkin sehingga pendek, dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur.
  • Hapus kulit mati yang keras dari kaki Anda dengan file kaki. Kulit keras menjadi lembek dan lembut ketika basah, menciptakan tempat di mana bakteri suka hidup.
  • Ganti kaus kaki Anda setidaknya sekali sehari. Jika Anda berada di lingkungan yang panas, berolahraga, atau dalam situasi lain di mana kaki Anda menjadi berkeringat, Anda harus lebih sering mengganti kaus kaki.
  • Memiliki dua pasang sepatu yang Anda gantikan setiap hari. Ini memungkinkan setiap pasangan benar-benar kering karena keringat atau kelembaban selama sehari penuh sebelum dikenakan lagi. Anda dapat melepas sol di sepatu Anda untuk membantu mengeringkannya kembali. Sepatu basah memungkinkan bakteri tumbuh di kaki Anda lebih cepat.
  • Pilih kaus kaki yang menyerap kelembapan alih-alih tetap di kaki Anda. Ini termasuk kaus kaki tebal dan lembut yang terbuat dari serat alami atau kaus kaki olahraga.
  • Kenakan sandal berujung terbuka dalam cuaca hangat, dan pergilah bertelanjang kaki di dalam ruangan jika memungkinkan agar kaki Anda tetap kering.
  • Hindari sepatu yang ketat atau dapat mempertahankan kelembapan.
  • Gunakan bola kapas untuk mengoleskan sedikit alkohol ke kaki Anda setiap malam. Ini akan membantu mengeringkan kaki Anda. Hindari mengoleskannya ke kulit yang retak.
  • Oleskan semprotan kaki antijamur atau bubuk obat kaki sekali sehari.
  • Masukkan sol deodoran obat ke dalam sepatu Anda.
  • Jika Anda perlu mengurangi bau kaki dengan cepat, aman untuk menggunakan semprotan antiperspirant atau deodoran pada kaki Anda.
  • Cobalah berbagai jenis sabun antijamur dan antibakteri hingga Anda menemukan yang paling cocok untuk Anda.
  • Rendam kaki Anda menggunakan Listerine atau cuka .

Apa Penyebab Bau Kaki?

Alasan yang mendasari sebagian besar kasus kaki bau adalah bakteri dan kelembaban. Kaki bau biasanya bukan masalah medis, tetapi dapat memengaruhi hubungan seseorang dengan orang lain dan menyebabkan kesadaran diri.Orang secara alami memiliki bakteri yang hidup di kaki.

Ketika bakteri membersihkan diri dari limbah dari memecah minyak dan sel-sel kulit mati, bau busuk dapat terjadi. Kiat alas kaki Header kaki bau Kaki yang bau dapat menyebabkan rasa malu tetapi tidak serius secara medis. Kaos kaki dan sepatu dapat menyebabkan kaki berkeringat, yang dapat memperburuk bau kaki.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seseorang untuk mengurangi timbulnya bau kaki terkait dengan alas kaki:

Kaos kaki

Mengenakan kaus kaki kapan saja bisa membantu dengan bau kaki. Kaus kaki, terutama yang terbuat dari bahan keringat, dapat menyerap keringat dan mengurangi bau. Mereka juga dapat dengan mudah diubah, mengurangi bau yang mungkin tertinggal di dalam sepatu seseorang.

Sepatu

Sepatu yang memiliki kemampuan bernapas dapat membantu mengurangi timbulnya keringat dan kelembaban. Orang dapat mencari sepatu yang memiliki panel jala, yang memungkinkan untuk bernapas.

Sepatu yang terbuat dari plastik (seperti “jeli”) hampir dijamin memberikan kontribusi bau kaki karena tidak bernapas dan membuat kaki berkeringat.

Apa Saja yang Menyebabkan Bau Kaki?

Sepatu dan kaos kaki secara bergantian

Memungkinkan waktu sepatu untuk sepenuhnya kering di antara pemakaian dapat membantu mengurangi terutama pada kaki yang bau. Mengenakan satu pasang sepatu satu hari, lalu satu pasang lagi pada hari berikutnya, dapat memberi sepatu cukup waktu untuk mengering.

Seseorang mungkin juga ingin menyimpan kaus kaki ekstra untuk diganti pada siang hari. Ini dapat membantu mengurangi keringat dan bau.

Mengganti sol

Seseorang juga dapat mengganti sol sepatu mereka dengan sol yang mengurangi bau atau antibakteri. Pilihan lain adalah membeli semprotan anti-bakteri atau disinfektan untuk digunakan pada sol. Namun, opsi ini biasanya tidak seefektif membiarkan sol sepatu mengering sepenuhnya.

Pengobatan rumahan lainnya termasuk:

Mengupas kaki

Menggunakan scrub atau batu apung dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang dimakan bakteri. Seseorang yang memiliki bau kaki mungkin ingin menggunakan batu apung 2-3 kali setiap minggu untuk menghindari penumpukan. Batu apung tersedia untuk dibeli secara online .

Garam berendam

Rendam berpotensi berguna sebagai bagian dari rutin pengelupasan atau hanya sendiri.Siapkan mangkuk atau bak air hangat dan larutkan setengah cangkir garam Epsom di dalamnya. Rendam kaki selama 10-20 menit, lalu keringkan dengan teliti.

Rendam cuka

Tambahkan 2 bagian air hangat dan 1 bagian cuka (sari apel atau cuka putih keduanya cocok) ke dalam bak dan rendam kaki selama 15-20 menit.Namun, seseorang sebaiknya tidak menggunakan cuka rendam jika mereka memiliki luka, luka, atau goresan, karena cuka berpotensi mengiritasi area kulit yang terbuka.

Bagaimana Cara Mengatasi Bau Kaki?

Antiperspirant

Semprotan kaki yang bau. Deodoran dapat digunakan untuk menutupi bau kaki. Obat lain adalah dengan menggunakan antiperspirant di kaki. Meskipun secara tradisional digunakan untuk ketiak, mengoleskan antiperspirant pada kaki dapat mengurangi timbulnya keringat.

Jika perlu, dokter dapat menulis resep untuk antiperspiran kuat yang cocok untuk kaki. Pilihan lain adalah menggunakan tepung jagung, yang sangat menyerap.

Perawatan medis
Terkadang, terlepas dari upaya terbaik seseorang, mereka tidak dapat menghilangkan bau yang kuat dari kaki mereka. Jika ini masalahnya, mereka mungkin ingin menemui dokter tentang kaki mereka yang bau.

Iontoforesis

Salah satu opsi perawatan adalah proses yang disebut iontophoresis. Ini adalah pendekatan yang melibatkan memberikan arus listrik ringan melalui air ke kulit untuk mengurangi timbulnya kaki berkeringat.

Botox

Pilihan lain yang digunakan dalam beberapa kasus adalah injeksi toksin botulinum atau Botox. Obat ini disuntikkan ke kaki dengan cara yang dikenal sebagai suntikan plantar. Namun, suntikan ini bisa sangat menyakitkan. Hasil biasanya berlangsung antara 3-4 bulan, dan seseorang akan membutuhkan perawatan selanjutnya.

Namun, jika seseorang tiba-tiba mengalami timbulnya kaki baru yang bau, mereka harus memeriksa kaki mereka apakah ada luka atau luka yang bisa terinfeksi.Seseorang dapat meletakkan cermin di lantai dan memeriksa bagian bawah kaki untuk mencari adanya kelainan.

Baca juga : Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Keguguran

Jika kaki mereka memiliki tanda-tanda luka, seseorang harus mengunjungi dokter mereka. Jika tidak, mereka dapat mencoba tindakan bebas dan di rumah untuk mengurangi timbulnya bau kaki.

Jika kaki seseorang bau dan berkeringat berlebihan tidak dapat dikontrol menggunakan obat rumah, perawatan resep tersedia. Seseorang seharusnya tidak menderita atau merasa sadar diri karena bau kaki mereka. Demikianlah artikel tentang penyebab bau kaki dan cara mengatasinya semoga bermanfaat.

Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *